Kompolnas: Pengamanan di TNUK Harus Jadi Perhatian » UJUNGKULON

Kompolnas: Pengamanan di TNUK Harus Jadi Perhatian

Kompolnas Kunjungi JRSCA, Sebut Pengamanan di TNUK Harus Jadi Perhatian - Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) melakukan kunjungan kerja k...

Kompolnas Kunjungi JRSCA, Sebut Pengamanan di TNUK Harus Jadi Perhatian - Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) melakukan kunjungan kerja ke Polres Pandeglang pada Selasa, (12/12/2023) dalam rangka Pemantauan Kesiapan Pola Pengamanan Polri pada Obyek Wisata Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK) sebagai Geopark Nasional. Rombongan kunjungan ini dipimpin oleh Mohammad Dawam beserta tim.

pertemuan kompolnas dengan kepala balai tnuk

Selain Kapolres Pandeglang, AKBP Benly Warlansyah memaparkan persiapan pengamanan secara komprehensif. Kepala Balai Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK), Ardi Andono juga memberikan paparan tentang Ujung Kulon sebagai Kawasan Taman Nasional dan Taman Bumi.

Kapolres Pandeglang dan Kepala Balai TNUK memberikan apresiasi secara khusus kepada Tim Kompolnas atas perhatiannya dalam pengembangan Taman Nasional Ujung Kulon untuk upaya pemeliharaan dan pelestarian Badak Jawa agar tidak punah dan aman dari berbagai perburuan liar dari kelompok yang tidak bertanggungjawab.

"Hasil pemantauan Kompolnas atas persiapan Pola Pengamanan TNUK sebagai kawasan wisata akan melengkapi Penelitian Kompolnas 2023 berjudul: "Pola Pengamanan Polri Pada Obyek Vital Nasional di Kawasan DPSP Indonesia" yang hasil rekomendasinya akan disampaikan kepada Bapak Presiden RI. mengingat habitat Badak Jawa di Dunia hanya di Ujung Kulon. Oleh karenanya perlu dilestarikan dari potensi kepunahannya. 

Intinya, manajemen pengelolaan dan Pola Pengamanannya harus aman dan nyaman bagi semuanya, security and safety," papar ketua rombongan Kompolnas, Selasa (12/12/2023).

Kepala Balai TNUK juga menyampaikan bahwa pertemuan ini adalah momentum langka dan strategis. Diharapkan dari pertemuan ini, ada usulan positif dari Pihak TNUK melalui Kompolnas dan dapat disampaikan kepada Presiden. 

Mengingat, Ujung Kulon merupakan anugerah terindah di Pulau Jawa paling barat yang harus disyukuri. TNUK adalah bagian dari Geopark Ujung Kulon, penyematan dari Kementerian ESDM.

Selanjutnya, didampingi oleh Kepala Seksi PTN II Handeuleum, Ujang Acep dan Kepala Seksi PTN I Panaitan, Dedi Juherdi, rombongan Kompolnas mengunjungi kawasan TNUK tepatnya Javan Rhino Study and Conservation Area (JRSCA) pada Rabu (13/12/203) secara langsung.

Dalam kunjungannya itu, Tim Kompolnas berharap agar manajemen politik kebijakan pada TNUK perlu diperhatikan secara khusus utamanya dalam proses pengamanannya oleh semua pihak yang terlibat didalamnya. 

Tidak kalah penting adalah penyempurnaan regulasi, pembangunan infrastruktur, pengadaan BTS di kawasan, kepastian hukum bagi pelanggar perburuan liar satwa Badak Jawa. Tantangan pengelolaannya antara lain sistem perlindungan, penurunan kualitas genetik, ancaman ketersediaan pangan dan populasi fungsi.